Senin, 05 Desember 2011

Jatuh Cinta



           Erte juga manusia, walaupun Erte Kacrut termasuk jenis manusia langka. Jadi kalau Erte Kacrut jatuh cinta ya bisa saja. Nah, yang jadi persoalan itu adalah bagaimana bisa, sebab musabab, dan pada perempuan tipe bagaimana si erte itu bisa jatuh cinta…
            Dul Kenyut ketawa panjang. Ngakak sampai bikin kucing di warung Mak Eroh bengong dan bingung ngeliatinnya. Dikira orang kesambet, tapi malah lebih mirip orang kesurupan. Dikira gila, tapi waras wong IPK-nya 3. Herannya, ketawa kok nggak ada koma, titik, dan tanda-tanda berhentinya.
            Kopi di gelas Erte Kacrut tinggal setengah dan nggak ngebul lagi. Dul Kenyut terhenyak ketika dia menoleh sudah nggak ada Erte Kacrut yang tadi duduk di sebelahnya. Ah, bisa celaka nih, batinnya. Kualat akhir tahun bisa terjadi karena dia tadi ngetawain juragannya.
            ”Erte ke mana, Mak?” tanya Dul Kenyut. Matanya pecicilan mencari-cari hingga ke kolong meja. Alhasil dia dipelototin sama kucing, karena dianggap mau ngambil kepala ikan kembung yang barusan dikasih sama Mak Eroh.
            ”Mana tauuu...” jawab Mak Eroh cuek sambil ngebolak-balik sayur kacang panjang di wajan.
            ”Waduh... celaka ini...”
            ”Weit, jangan lari ya, jangan ngutang... tadi ertemu dah ngutang tuh!” kata Mak Eroh yang mukanya tiba-tiba sudah berada di hadapan Dul Kenyut yang kebingungan. ”Nggak ada alasan, harus bayar...”
            Mau nggak mau, Dul Kenyut mengeluarkan duit recehnya dari kantong celananya yang terdalam. Pas, tiga ribu perak! Uang sisa kembalian fotokopian undangan Muharaman dari pengurus masjid, ”Sisanya ambil ajah!”
            Kesimpulan pertama dari Dul Kenyut adalah, bila Erte Kacrut jatuh cinta, bikin sulit dirinya. Bikin dia terlantar dan tak ada lagi traktiran.
            ”Ya iya lah, mending buat nraktir cewek gue dong!” tiba-tiba Erte Kacrut datang ketika baru saja Dul Kenyut membayar kopinya. Nyesel banget dia buru-buru ngeluarin duitnya buat Mak Eroh.
            Kesimpulan kedua dari Dul Kenyut adalah, bila Erte Kacrut jatuh cinta, bakalan bikin cemburu dirinya, pasti waktunya buat ngobrol bakal kurang.
            ”Ya iya lah, mending buat ngobrol sama cewek gue, lebih aduhai...!” kata Erte Kacrut sambil mengedip-ngedipkan matanya kayak orang cacingan. Ugh, bener kan, pasti juga bakal banyak hal terbengkalai nih... batin Dul Kenyut terus berprasangka.
            ”Ya iyalah, jatuh cinta itu urusan serius... lebih serius dari ngurusin kampung, negara, bahkan kaum duafa...” kata Erte Kacrut mengikuti arus pikiran Dul Kenyut.
            ”Berarti jatuh cinta bikin pimpinan jadi nggak amanah dong, waktunya tersita untuk urusan cinta, mengabaikan banyak kewajiban yang menyangkut hajat khalayak...” tuduh Dul Kenyut menggebu.
            ”Hai anak muda, jatuh cinta itu energi... mengurusi orang banyak itu butuh ekstra energi, memikirkan orang banyak itu butuh ekstra energi, mengelola kemauan orang banyak itu butuh ekstra energi dan menahan hati agar tidak roboh karena ketidakpuasan orang banyak juga butuh energi. Tuduhanmu itu adalah cermin cemburumu yang mentah! Semua belum terjadi, tapi kamu sudah menuduh bahkan memastikan seolah itu benar. Apakah yang kamu tuduhkan dan kekhawatiranmu sudah terjadi?”
            Begitu kata terakhir terucap, Erte Kacrut menyeruput sisa kopi yang sudah dingin. Lalu bergegas langkah sambil bersiul lagunya Ayu Ting Ting... Dul Kenyut masih serasa ditempelengi, kalimat Erte Kacrut berulang kali mengiang di telinganya. Seperti bunyi nyamuk... terus mengiang dan mengganggu. Hingga dia tak berani menyimpulkan lagi... 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar