Jumat, 20 April 2012

Kartini Update!

             Erte Kacrut cengengesan!
            “Kenapa Te?” tanya Dul Kenyut heran.
            “Nggak papa…” sahutnya sambil tetap cengengesan. “Kalo lu mau ikutan cengengesan, ikut aja. Gratis kok!”
            Sialan! Umpat Dul Kenyut yang akhir ‘nyengenges’ ngikutin ertenya. Walaupun sama sekali nggak paham. Tapi ya demi stabilitas dan solidaritas, sebuah logika orang yang agak pinter tapi sebenarnya bodoh dan pragmatis, maka Dul Kenyut melakukannya.
            Erte Kacrut makin lebar cengengesannya. Dul Kenyut makin heran dibuatnya.
            “Lu ngapain cengengesan,” tanya Erte Kacrut.
            “Lha, kan ngikutin situ…” Dul Kenyut si sarjana ber-IPK 3 koma itu menyahut.
            Kali ini malah Erte Kacrut ngakak-ngakak. Makin bikin nggak enak hati Dul Kenyut. Sumpah ia merasa sedang dikerjai dan dihina-dinakan.
            “Dul, Dul… lu pinter tapi bego!” Erte Kacrut ngakaknya lebih nyaring.
            Tuh, bener kan… batin Dul Kenyut. Ia merasa ertenya memang sedang menjebak. Dan ia dengan sadar terperangkap. Pasti habis ini ertenya akan bilang, Itulah sebabnya gue nggak yakin dengan paralelisasi kecerdasan akademik dengan kecerdasan situasional. Ah, dasar erte gila! Batinan Dul Kenyut makin kesal. Ada saja cara untuk membuatnya bertekuk lutut, dan menempatkan dirinya tidak lebih pintar dari ertenya. “Erte eduuuun…”
            Ya, ketika Dul Kenyut sedang mencerna dan mencermati pembodohan dirinya, eh ertenya sudah raib dari sebelahnya. Hah! Dul Kenyut melihat ertenya sudah bercengkerama sama Mak Eroh di depan warung.
            “Saya nggak sakit mata kan Mak?” tanya Erte Kacrut ke Mak Eroh.
            “Kagak merah kok, Te…” sahut Mak Eroh agak mendekat.
            “Oh, saya juga takutnya lagi sakit nih…” kata Erte Kacrut lagi.
            “Nggak ah, orang seger buger gitu…” Mak Eroh melihat-lihat wajah ertenya.
            “Berarti saya sehat ya… ya sudah, takutnya saya salah lihat,” kata Erte Kacrut lagi.
            “Salah lihat apaan?”
            Erte Kacrut tidak bicara. Matanya yang bicara. Ia memperhatikan Mak Eroh yang hari ini modis banget. Pakai kaos casual, terus pakai jeans, dan agak wangi. Rambutnya disanggul nyaris seperti sanggulnya Syahrini. Tapi baru nyaris saja, karena sejatinya lebih pas dengan nama "Setrum Tiada Tara". Karena rambut Mak Eroh lebih tampak nge-punk dan acak-acakan.
            “Kenapa Te, liat-liat saya… cinta ya?” tegur Mak Eroh.
            Erte Kacrut tertawa. “Antara cinta dan geli, Mak…”
            “Keren kan? Situ aja sampe segitunya ngliatin saya. Kalah deh orang-orang cakep di infotainment!”
            Erte Kacrut tertawa lagi, matanya masih nggak percaya kalau yang di hadapannya adalah Mak Eroh yang sehari-hari hanya berbebat daster dan dibalut kain. Kini ia tampil modis!
            “Dalam rangka apa Mak? Sampai bisa cantiknya nggak ketulungan…” tanya Erte Kacrut sambil senyum-senyum.
            “Kalau muji yang tulus ngapa, Te, segala dikata cantiknya nggak ketulungan. Emangnya kita gedebong pisang hanyut apa…” sahut Mak Eroh sambil menarik bibirnya. Kesal. “Ya dalam rangka memperingatkan hari Kartini lah…”
            Erte Kacrut tepok jidat, “Memperingati kali Mak…”
            “Emang beda ya... memperingati sama memperingatkan?”
            “Ya beda! Tapi kenapa nggak pilih pake sanggul ama kebaya, Mak?”
            “Biar beda aja…”
            Duh! Ini emak-emak gayanya selangit. Jatuh terus stroke, tahu rasa dia.
            “Kalau gini kan kayak personil Cherrybelle!” Mak Eroh tertawa, sampai giginya yang tanggal satu kelihatan.
            Kartini mungkin juga tersenyum lihat polah Mak Eroh. Tapi ya, memang memperingati itu kan nggak harus selalu artificial. Hanya kulit, hanya yang tampak luar. Justru yang penting adalah memperingati dengan memperingatkan diri dan orang lain, bahwa cita-cita luhur Kartini itu seharusnya bikin perempuan kudu pinter. Perempuan harus visioner. Tapi tetap tidak mengingkari kodrat. Boleh sibuk, bahkan harus sibuk, karena sibuk itu membuat orang berpikir dan berkeringat. Bukankah kita harus menjadi umat yang terus bergerak…
            “Fotoin dong Te, nih pake hapenya Ningsih!” Mak Eroh menyodorkan hape cina yang mirip blackberry. Dengan gaya pol-polan dan agak ugal-ugalan, Mak Eroh lupa umur. Dan jeprat-jepret Erte Kacrut ngaconya juga nggak karu-karuan. Hingga sampai ke pose andalan yang sangat fenomenal. Mak Eroh menaruh kedua tangannya di dagu dan kepalanya ditengglengkan! Rasanya sudah persis banget personil Cherrybelle!
            Tentu dengan tanpa mengurangi rasa hormat, Erte Kacrut menahan cengengesannya. Seperti juga Dul Kenyut yang diam-diam melihat aksi itu. Sambil menahan ketawa juga. Demikian juga Ningsih sang pemilik hape!
            “Keren Mak! Nanti diupload difesbuk ya…” celetuk Dul Kenyut.
            Mak Eroh tersenyum. Erte Kacrut kelepasan. Ia bisa menahan tawa tapi tak bisa kentutnya... Dul Kenyut cuma bisa mesem-mesem sambil tutup hidung, karena dialah yang paling banyak dapat bagian. Dasar erte eduuun! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar